RSS

ANALISA PERHITUNGAN HASIL BUDIDAYA POHON GAHARU

17 Jan

Untuk Masa Penanaman Thn 2014/2015

Salam Petani Gaharu Indonesia,

        Terima Kasih Atas kunjungannya ke web/blog kami “Kelompok Tani Gubal Gaharu Indonesia = KT-GGI” Berikut ini kami tampilkan analisa perhitungan penanaman pohon gaharu, dengan memberikan gambaran minimal dari hasil panen yang diharapkan. Sengaja kami tampilkan nilai minimal saja, karena kami tidak ingin memberikan mimpi-mimpi kepada semua rekan pembaca. Yang ingin kami berikan adalah bagaimana mengwujudkan keinginan kita semua melalui sektor budidaya gaharu, dengan kerja keras, ketekunan dan kesabaran, Insya Allah apa saja yang kita inginkan bisa terwujud.

Pada analisa penanaman ini kami sajikan perbandingan analisa penanamanmenggunakan bibit jenis A. Malaccensis VS Bibit Unggul GM Super, sehingga petani gaharu indonesia dapat menentukan pilihannya manakah yang akan ditanam ?

Bibit Jenis A. Malaccensis  Biasa ?

Atau kah , Jenis Bibit Unggul GM Super ?

Analisa yang kami tampilkan pada web ini mempertimbangkan beberapa hal :

  1. Bahwa pohon gaharu yang diperhitungkan bukanlah dalam bentuk glondongan kayu atau penjualan yang dilakukan dengan cara dihitung penjualan per batang pohon gaharu.
  2. Analisa yang disajikan adalah analisa hasil panen gaharu, dimana dalam setiap batang pohon gaharu hasil panen terdiri dari beberapa jenis grade/mutu resin gaharu yang dihasilkan.
  3. Setiap grade/mutu resin gaharu di jual secara kiloan atau per kg, dengan harga per kg nya di hitung besar kecilnya disesuaikan dengan tingkatan mutu resin gaharunya.
  4. Semakin baik dan semakin banyak kandungan resin dalam satu batang pohon gaharu, maka semakin tinggi nilai ekonominya.
  5. Perhitungan yang disajikan adalah harga minimal saat ini (2012). dan kemungkinan besar harga ini akan naik untuk tahun-2 berikutnya.

Silakan klik tautan ini untuk melihat Analisa penanaman Bibit Jenis A.M dan Jenis Bibit Unggul Gm Super.

ADRESS-KTGGI

 
100 Comments

Posted by on January 17, 2012 in B-BUDIDAYA

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

100 responses to “ANALISA PERHITUNGAN HASIL BUDIDAYA POHON GAHARU

  1. ISRA YENDRI

    November 4, 2015 at 8:43 am

    Pak Glen, saya memiiki 200 btg gaharu, diameter20 cm s/d 30 cm, umur 8 thn, apa ada kerjasama yang bisa dijalin dengan Bpk untuk penyuntikan dan pemasaran nantinya. karena sebagai PNS kita memiliki dana yang terbatas. Kalau bisa kerjasama bagaimana polanya. Saya Isra Yendri, berasal dari Limbanang Payakumbuh.

     
  2. Fati

    January 21, 2014 at 1:12 pm

    Sy sudah menanam Gaharu 3 ha di P. Nias. Umur tanaman 4 tahun. Apa bisa Gabung Pada GGI?

     
  3. ezza

    October 12, 2013 at 12:01 am

    Mendapati harga yang berbeda-beda di internet,saya menjadi ragu akan kebenaran budidaya gaharu.Jangan-jangan ini cuma permainan orang-orang yang punya modal besar.1 tahun yang lalu harga gaharu utama per kg Rp 50.000.000,- tapi sekarang banyak beredar kabar harga gaharu utama cuma Rp 10.000.000,- bahkan jauh lebih murah.Bagaimana harga gaharu 8-10 tahun kedepan sampai waktunya di panen? Masih berhargakah??
    Dalam kurun waktu satu tahun saja sudah merosot drastis.Aku jadi teringat tanaman Antorium (Gelombang Cinta) yang dulu per pohonnya mencapai Rp 250.000.000,- tapi sekarang orang dikasih gratis aja pada gak mau…Mohon penjelasannya pak.Terimakasih

     
    • ggisuper

      October 31, 2013 at 6:40 am

      Gaharu tidak sama dengan gelombang cinta.,
      masalah harga dari dulu hingga sekarang tetap baik, tinggal mutu gaharu yg kita miliki.
      Contact mas GM saja, 0853 5552 8986

       
  4. Karsidi

    September 16, 2013 at 8:41 pm

    Sy ada kelompok tani dan dah nanam gaharu jenis aqularia malacensis, tp krang paham cr prawatan dan pemupukan, dan ada beberapa yg keriting daunya, mohon kasih tau solusinya.

     
    • ggisuper

      September 21, 2013 at 9:12 am

      Silakan call langsung saja ke Pak GM. Mas
      +62 853 5552 8986.
      Tq

       
  5. tino

    May 17, 2013 at 10:47 pm

    gbung

     
  6. aan

    May 15, 2013 at 10:44 pm

    Salam kenal… Membaca artikel tentang gaharu ada keinginan saya utk menanam gaharu. Saya sedikit pertanyaan apakah untuk wilayah di sum-sel sdh ada GGI? Kl ada dimn? Dan apakah saya bisa mendapatkan bibik kualitas bagus dr GGI dimn saya bs mendapatkannya.

     
  7. mustafa

    April 10, 2013 at 10:35 pm

    Bagaimana cara penanaman dan perawatan gaharu

     
  8. sigit p

    March 24, 2013 at 12:55 am

    assalamualaikum salam super GGI
    >numpang tanya.. saya punya lahan seluas 4ha yg telah ditanami gaharu(A.malacensis) disela pohon sawit. ketika saya bergabung dgn GGI apakah saya bisa bekerja sama dalam meng inokulan – pemasarannya di PT.GGI ini?meskipun bibitnya bukan dari anda.
    mohon jawabannya.
    terimakasih

     
    • ggisuper

      March 28, 2013 at 12:57 pm

      Bisa Mas> Silakan Registrasikan Penanaman anda ke KT-GGI Pusat.
      Call Center 0823 884 777 86
      Hub. Enni
      TQ

       
  9. Berry Prima

    February 17, 2013 at 1:45 pm

    apakah di daerah sampang madura cocok di tanami gaharu ini pak

     
  10. F. HULU

    February 8, 2013 at 2:31 pm

    pak maaf saya mau tanya, apa ada perwakilan KT-GGI untuk Kab. Nias..?? mohon infonya Pak. Tksh.

     
    • ggisuper

      February 11, 2013 at 12:25 pm

      Di Kab. Nias Belum Ada pw nya bang

       
  11. Ferdian

    January 25, 2013 at 1:59 am

    Apa bnar berkebun gaharu sangat menguntungkan dan menjanji kesejatran bg pembudidaya…?

     
  12. untung s

    January 20, 2013 at 12:28 am

    berapa lama dari masa penanaman hingga panen

     
  13. teguh

    January 19, 2013 at 7:39 pm

    apakah gubal gaharu jenis karas termasuk gubal gaharu yg mempunyai nilai jual tinggi?apa bahasa ilmiah/latin utk gaharu karas?trims!!!

     
  14. ciptadi

    January 19, 2013 at 5:32 am

    Assalaamu’alaikum. Mas, Saya punya lahan di boyolali bisa minta petunjuk KT GGI yang terdekat dari boyolali?

    Suwun.
    Wassalaamu’laikum

     
  15. fhatoni

    December 28, 2012 at 11:36 am

    mohon d jelaskan jenis2 pohon gaharu yang bisa dipasarkan/di jual, (memiliki nilai jual)..
    dan apa perbedaan jenis gaharu GM super dengan gaharu lainnya..

     
    • ggisuper

      January 2, 2013 at 10:49 am

      Penjelasan lengkap ada di acara workshop KT-GGI sekaligus praktek,

      Atau setelah menjadi anggota tani.

      TQ

       
  16. ipank

    December 20, 2012 at 11:01 pm

    apa sudah ada perwakilan di kabupaten2 di provns SULAWESI BARAT? Mohon infox.. termakasih..!

     
  17. hermawan

    December 14, 2012 at 2:01 pm

    bro, kala mau mendaftar jadi anggota ggi itu caraya gimna ?

     
    • ggisuper

      December 16, 2012 at 3:49 pm

      Langsun Order Ke KT-GGI Pusat .

       
    • ggisuper

      December 16, 2012 at 3:50 pm

      Lihat di halaman menu web, anggota tani
      tq

       
  18. said almuhajir

    December 4, 2012 at 10:13 am

    Gmn cara saya dapat info yg jleas soal penanaman tanaman gaharu ne?

     
    • ggisuper

      December 4, 2012 at 10:46 am

      Silakan Telp langsung Ke KT-GGI Pusat +62 853-5552-8986 atau 0853-555-25-139

      TQ
      GM

       
  19. muklis

    November 29, 2012 at 2:21 pm

    ni ak mau tayak ap kayu gaharu meskipun gak di suntik ap jugak bisa menghasil getah

     
    • ggisuper

      November 29, 2012 at 3:50 pm

      Bisa saja m seperti yang terjadi secara alami di alam

       
  20. susanto

    November 29, 2012 at 12:32 am

    salam suksez.?semua..

     
  21. wawan purwo

    November 15, 2012 at 10:06 pm

    Assalamualaikum wr.wb. Saya mau tanya apakah pohon gaharu bisa ditanam di kebun durian. Kalo bisa jarak tanam dari pohon duren berapa meter….

     
    • ggisuper

      November 16, 2012 at 6:33 pm

      Bisa, Jarak dari durian min 2,5 m

      Tq
      GM

       
  22. alain ibrahim

    October 21, 2012 at 2:27 pm

    saya membeli sidang kebun di daerah sibolga-sumatera utara,di areal kebun tsb ada 12 batang pohon gaharu liar,,,(kayu alim dalam bahasa daerah sibolga) yang menurut keterangan pemilik kebun lama sudah berusia yang paling tua 270-an tahun…dan yang termuda diatas 100 tahun,,,diameter pohon tsb rata-rata 70cm…tetapi yang jadi masalah bagaimana cara panen dan kemana pemasarannya

    contact number: 08568045756

     
  23. nasrul amrullah

    October 7, 2012 at 9:16 am

    terimah kasih atas jawabannya dan saran2 dari KT GGI,,mudah2an sebagai langkah awal dari apa yg kami niatkan ini ,,mendapat ridho dari allah swt,,dan kami persiapkan segala persyaratan utk bergabung dalam KT GGI,,mungkin dalam waktu dekat ini kami akan mengambil satu keputusan utk segera bergabung ,,,wasalam

    nasrul amrullah

    Bontang Kaltim

     
  24. nasrul amrullah

    October 7, 2012 at 6:32 am

    asslamu alaikum,,,?gini mas ,,saya sdh baca beberapa komentar dan pertanyaan rekan beraneka mcm,namun dalam hal ini ada beberapa hal yg ingin saya pertanyakan]
    1,gmn cara uk membuka perwakilan di daerah saya,,sekaligus meyakinkan masyakat bahwa dgn menanam gaharu cukup menjanjikan,
    2.ada teman yg sulit memsarkan gaharunya yaitu jenis gaharu beringin.
    3 apakah betul jenis gaharu buaya tuh yg sering di cari pembeli
    4.seandainya saya bergabung di GGI UTK MENDAPATKAN BIBIT YG UNGGUL, apakah tdk dipersulit,
    5,apakah cocok utk tanam gaharu di daerah saya yg curah hujannya tdk menentu,Bontang Kalimantan timur , terimah kasih, Salam sukses GGI,

    Nasru amrullah
    Bontang Kal-tim Indonesia

     
    • ggisuper

      October 7, 2012 at 7:32 am

      Waialaikum Salam wr. wb
      Terima kasih atas pertanyaannya mas Nasrul
      Di Bontang

      ini jawanan dari GM :
      1. Untuk Menjadi perwakilan mudah saja, silakan penuhi syarat dan ketentuannya.
      bisa dilihat di link ini https://ggisuper.wordpress.com/perwakilan/
      Mengenai cara menyakinkan. Antara lain dengan cara , kita memulai menanamnya terlebih dahulu dan memberikan contoh kepada calon anggota tani. Diajak yang mau saja. Sebisa mungkin secepatnya struktur di pw dibentuk lengkap dengan anggota taninya, agar tahun depan bisa mendapatkan dana bantuan dari dinas terkait. Seperti ygsdh diperoleh PW yang sudah jalan.

      2. Sebenarnya tidaklah sulit memasarkan gaharu, dengan catatan :
      a) Kwalitas gaharu sesuai dengan permintaan pasar.
      b) Harga yang di minta oleh petani, janganlah harga jual di luar negeri.
      (karena banyak juga petani minta harga setingkat harga jual pedagang di luar negeri, sementara kita jual beli di tingkat nasional.
      kalau harganya dihabiskan untuk beli barang dari petani, si penjual tentu tidakmendapatkan apa-apa).
      c) Yang dijual belikan itu adalah KADAR RESIN GAHARU YANG TERKANDUNG DIDALAM KAYUNYA, lihat info di
      https://ggisuper.wordpress.com/b-gaharu/

      3. Gaharu buaya itu sebenarnya hanyalah sebuah pohon yang mirip dengan pohon gaharu, yang biasanya digunakan
      untuk accesoris. namun sebagian pedagang ada juga yang melakukan jual beli gaharu buaya.
      sebaiknya fokus pada gaharu yang asli saja.

      4. Kami pengurus KT-GGI pusat , tidak ada yang mempersulit petani, sepanjang kita masih
      berjalan di aturan yang ada.

      5. Bisa ditanama disana (daerah tropis, dari sabang sampai merauke)

      Terima kasih
      itu jawaban dari saya , kurang dan lebihnya mohon maaf .

      GM

       
  25. sayaichu

    October 4, 2012 at 3:04 pm

    assalaa…….wrwb. saya sudah menanam gaharu. sya menanam waktu puasa kemaren. kendala saya gaharu saya di potong oleh jangkrik. solusinya bagaimana? sudah 4 batang ti potong. n ada juga yang tidak gede2 mulai dari saya menanam. malahan yang ditanam akhir2 cepet gede. tolong solusinya . thanks

     
    • ggisuper

      October 5, 2012 at 7:28 am

      Solusi Pertama :
      Mas harus terdaftar dulu sebagai Anggota Tani KT-GGI
      Untuk mendapatkan pelayanan hingga pemasaran.

      Karena Hanya yang sudah menjadi Anggota Tani resmi yang mendapatkan pelayanan itu.

      Terima Kasih
      GM

       
  26. rizky

    September 7, 2012 at 8:07 am

    Yth, pemilik blog.
    Saya ingin tanya;
    1. pohon gaharu jenis apa yg unggul dan dpt tumbuh baik di tanah pasir dgn kandungan unsur hara yg kurang?
    2.Dimana saya bisa dapatkan bibitnya dan berapa ongkir ke belinyu,bangka,babel?
    3.atau adakah yg menjual benihnya?
    Terima kasih.

     
  27. Idafril

    August 27, 2012 at 11:14 am

    Salam kenal GGI Super, nama saya idafril lokasi saat ini di Kabupeten Kerinci,Propinsi Jambi, mohon sarannnya mas… saya ada menanam gaharu semanyak 1200 btg, bibitnya saya dapatkan dari daerah Bangkinang, saat ini sudah ditanam dan umurnya sekitar 6 bulan, kira-kira tingginya baru 65 cm, tapi saya belum menjadi anggota GGI, apa masih bisa saya bergabung dengan GGI dan apa syaratnya, apa kalau jadi petani bebas seperti saya untuk menjualnya nanti jadi sulit, saya mohon saranya mas.. trimakasih

     
  28. jumadi

    August 6, 2012 at 8:02 pm

    jumadi jogja.maaf untuh daerah kami termasuk kurang hujan dan tanah dominasi berkapur/perbukitan kapur dan suhu rata 33-38 derajat bisa tumbuh gak gaharu.terimakasih

     
    • ggisuper

      August 7, 2012 at 8:49 am

      Bisa mas dengan dilakukan teknik penanaman yang baik

      Bila bergabung ebook akan dikirimkan ke email mas

      GM Super.

       
  29. zulkifli shollah

    August 4, 2012 at 2:37 pm

    apakah tidak akan terjadi harga jatuh…… pengalaman kami pernah tanam jarak akhirnya tidak ada pembeli..alias harga jatuh tidak nutupi biaya. pernah kebun rambutan juga pas panen harga jatuh …???

     
    • ggisuper

      August 6, 2012 at 12:58 am

      Insya Allah berkaca dari sejarah. Pohon gaharu dengan resin gaharunya sudah digunakan/dibutuhkan sejak jaman para Nabi, artinya sudah terjadi transaksi sejak ribuan tahun yang lalu.Dan hingga saat ini saja Kita belum bisa memenuhi permintaan akan gaharu .

      INGAT :
      Jangan hasilkan asal gaharu saja. Yang dihasilkan adalah gaharu dengan resin yang sesuai dengan permintaan pasar intenational
      dan melalui kelompok tani hal ini dilakukan dengan adanya pembinaan pada petani secara terus menerus.

       
  30. faofirman hura

    August 2, 2012 at 9:56 am

    sy sangat gembira dengan membaca analisa perhitungan hasil budidaya pohon gaharu. Cuma saja sy msh belum jelas tentang fungsi kayu gaharu, tata kelola, serta pemasarannya, sebab sy domisili di Pulau Nias.
    Mohon petunjuk selanjutnya, sehingga bisa ys pedomani dalam pelaksanaannya. Trim’s.

     
  31. Mokhammad Anas

    July 31, 2012 at 2:18 pm

    Saya punya pohon gaharu umur 6 tahun sebanyak 50 pohon,belum disuntik saya ngak bisa merawatnya kami mau jual semuanya a.Rp.2 jt total 100 jt ,posisi di Ampah 17 km menuju ke Muara Teweh Kal Teng,kalau minat hub tlp.081351256051

     
  32. yus

    July 12, 2012 at 2:30 pm

    Selamat siang,

    saya yus. Saya memiliki lahan didaerah cipanas. Saya ingin bertanya beberapa hal mengenai tanaman Gaharu, yaitu :

    1. Bagaimana cara /proses tanam Gaharu?.
    2. Apa saja tahapan proses penanaman Gaharu sampai proses panen?.
    3. Umur berapa tanaman Gaharu bisa menghasilkan?.
    4. Berapa harga bibit pohonnya?
    5. Apa saja yang diperlukan dalam proses penanaman Gaharu?
    6. Berapa besar biaya yang diperlukan mulai dari pembelian bibit sampai proses panen?
    7. Bagaimana cara pemasaran Gahru?

    Terima kasih,
    Yus
    0818 826 721

     
    • ggisuper

      July 14, 2012 at 8:10 am

      Wah Pertanyaaannya 1 buku sendiri .

      Contact saja mas Glone langsung
      Di 0853-5552-8986.

      TQ
      GM

       
  33. arpan

    July 10, 2012 at 8:58 am

    asslamualaikum mas alhamdulillah terimakasih atas jawaban nya , begini mas saya dan teman teman skrg di sini lagi coba panen hasil inokulan 2.5 thn paska suntik untuk hasil bersih satu pohon berpariasi dia meter 40 keatas maksimal 10 klo minimal 7 kg jenis krupuk dan kemedangan nilai jual disini bekisar 400 ribu sampai 1,500 jt .dan yg jadi pemikiran saya kayu yg putih nya sayang terbuang percuma nggak ada yang mau beli kalo di kumpulkan mungkin sampai ratusan bahkan tonan karna kami nyunti pohon alami ,dari perhitungan hasil mas jauh dari hayalan bahkan biaya oprasional panen aja nggak impas tolong mas solusi nya ?…trimks

     
  34. Rama

    July 8, 2012 at 11:57 am

    Salam…Mas utk kab. Sukabumi sudah ada kah kelompok tani GGI?
    Saya tertarik untuk menanam Pohon Gaharu..
    Terima kasih..

     
  35. ayaheazka

    July 5, 2012 at 1:22 am

    Assalamu’alaikum.
    Saya dari Lumajang – Jawa Timur. Sebulan yg lalu saya membeli 15 bibit gaharu dari penjual/pengecer lokal. sekarang masih belum saya tanam, tetap di polybag. rencana saya tanam di kebun belakang rumah. Menurut informasi dari teman-teman saya, saat panen nanti saya bakal mengalami kesulitan mau dijual kemana/ke siapa.
    Yang saya tanyakan :
    1. Apa benar menanam pohon gaharu HARUS melalui kemitraan/kelompok tani?
    2. Andai kelak saya panen apakah ada pembeli/pedagang yang mau membelinya?
    3. Saya kedepan berniat ikut kelompok tani/bermitra dengan GGI, apakah ada secara tertulis Surat Perjanjian Kerjasamanya atau jaminan sejenisnya?
    Terimakasih sebelumnya.
    Wassalam.

     
    • ggisuper

      July 6, 2012 at 8:40 am

      Jawab :
      1) Sebaiknya begitu supaya memudahkan dalam pengelolaannya. Tetapi Tidak Harus Bila Mas memang sudah paham segalanya.
      2) Tergantung Rejeki Mas, Hanya Tuhan yang tahu masalah itu.
      3) Artinya mas tidak mengerti arti Kelompok Tani , Kelompok tani Bukan Investor mas. U. apa pakai Surat perjanjian segala macam
      Ini kan antar anggota tani dengan anggota tani, lalu perjanjian apa yang mau mas buat.
      yang ada adalah bahwa Kelompok Tani GGI memiliki wadah berupa koperasi yang berisikan/anggotanya adalah para petani sendiri.
      Kalau mas bergabung dengan investor itu baru bikin perjanjian.

      Terima kasih atas Pertanyaannya.
      GM

       
  36. Marlboro Boym

    July 4, 2012 at 9:14 am

    wah…. masa tenaga panen cuma 2 juta…. mana cukup

     
  37. Febry

    June 29, 2012 at 6:27 pm

    KanG mau tanya nih…
    Kalo pohon Gaharu ditanam d daerah Jember, Jawa Timur bisa gak ya???
    .
    .
    Trims

     
  38. aan

    June 27, 2012 at 12:13 pm

    mas salam kenal…nama saya “aan”
    saya punya lahan di daerah wonosalam – jombang kira2 1/2ha. di daerah tersebut biasa d tanam pohon jati, jabon, cengkeh, kopi, dll…
    yang saya mau tanyakan:
    1. apakah kebun saya tersebut cocok untuk d tanam gaharu?
    2. untuk tanah 1/2ha bisa untuk menanam berapa banyak pohon gaharu?
    3. apakah ada resiko kematian atau kegagalan mas? dan kalau ada berapa persen tingkat kegagalannya?
    4. saya pesan bibit yg bagus hub kemana mas?
    mohon petunjuknya mas… terima kasih.

     
    • ggisuper

      June 28, 2012 at 2:40 pm

      Terima kasi atas pertanyaannya :
      jawab :
      1) Bisa ditanama di kebun dengan kondisi seperti itu.
      2) +/- 600 – 700 batang dngan jarak tanam 2×3 atau 2 x 2.5
      3) Soal resiko yang mati,tetap ada mas. karena tidak ada sesuatu yang hidup tidak akan mati,
      Masalah persetasenya tergantung dari cara perawatannya mas.
      4) Hub : G.M 0853-5552-8986

      terima kasih

       
  39. arpan

    May 24, 2012 at 12:07 am

    ass. sallamm sukses bagi pencinta gaharu indonesia ,mas saya minta tlong ya , apakah ada beda nya penetapn gret gubal atau super antara hasil gahru alami dgn hasil suntikan . sebab harga nya jauh berbeda .sebab ini penting bagi saya dan rekan lainya dalm menjual hasil panen

     
    • ggisuper

      May 24, 2012 at 12:19 pm

      ya ada bedanya mas arpan, dari segi mutu dan kwalitas barang, antara alami dengan budidaya kan ada perbedaannya.

       
  40. ervan

    May 14, 2012 at 10:17 am

    mau ty ngejualnya it langsung batang pohonnya apa harus di olah dulu??klo pun di olah apakah di ajari jg cara mengolahnya ???mohon penjelasannya

     
    • ggisuper

      May 14, 2012 at 4:10 pm

      Semua caranya akan diberitahukan pada mas setelah resmi menjadi anggota tani, dan pembinaan yang dilakukan KT-GGI mulai dari penanaman sampai dengan pemasaran.

       
  41. Herian Tomi

    May 9, 2012 at 6:28 pm

    pak, dimana sya bisa belajar budidaya gaharu..
    mulai dari awal, hingga pemasarannya..
    klau boleh tau berapa harga bibit yang bapak tawarkan? untuk ukurang yang berapa cm dan jenis apa ya pak?

     
  42. Herian Tomi

    May 7, 2012 at 7:55 pm

    Assalamualaikum..
    salam GGI, maaf pak saya mau nanya. Di daerah saya ad yang namanya pohon Karas, tapi sebagian orang bilang itu adalah gaharu. Seandainya, jika itu memang gaharu. bagaimana membedakan itu pohon gaharu jenis A. Malaccensis atau jenis lain? karena Pohon itu tumbuh secara alami. atau mungkin dahulu ada yang menanam, tapi tidak mengetahui jenis gaharu apa.
    Selain itu tidak mempunyai pohon gaharu tidak mempunyai getah.
    Apakah phon tersebut bisa dijual?

    JIka memang pohon tersebut mempunyai nilai, maka uang hasil pohon tersebut akan kami gunakan sebagai modal awal dalam mengembangkan pohon gaharu..

    terima kasih
    wassalam

     
    • ggisuper

      May 7, 2012 at 8:10 pm

      Silakan kirimkan data gambar dan contoh potongan kulit, daun dan daging kayu agak sedikit, bila ingin dipastikan itu pohon gaharu atau tidak. data dikirimkan email csggisuper@yahoo.com

      Terima kasih

       
      • Herian Tomi

        May 8, 2012 at 6:24 am

        terima kasih pak..akan segera saya kirimkan

         
  43. Rio

    May 7, 2012 at 3:27 pm

    Gaharu bagusnya ditanam di ketinggian berapa??? Apakah cocok dgn lahan yg berkadar air tinggi???
    Sori baru mau belajar nanem gaharu….

     
  44. bagus

    May 3, 2012 at 11:58 pm

    Salam Ggisuper…..ada yang ingin saya tanyakan. apakah menanam gaharu itu harus izin dulu dgn pemerintah daerah setempat ?..
    apa yang dikhawatirkan adalah waktu MENANAM kita memang tidak ada masalah dgn pemerintah daerah setempat, tapi ketika kita PANEN takut pemerintah daerah campur tangan yg mungkin akan dikatan ini tanaman yg dilindungi, atau menanam tanpa izin dan banyak lagi alasan pemerintah untuk menyulitkan proses penjualan / enaknya ngomong pemerintah mau minta bagian dr hasil panen tsb. sedangkan kita menanam sendiri dan lahan-lahan kita sendiri…
    minta bantuan dan penjelasan sekian terimakasih…!!!

     
    • ggisuper

      May 4, 2012 at 6:44 am

      insya allah pemerintah mendukung sepenuhnya program budidaya gaharu, Silakan segera bergabung di kt-ggi

       
  45. yan

    April 22, 2012 at 12:26 pm

    berapa lama masa tanam sampai panen pak.. untuk saat ini sy menanan pohon sengon dan jabon yg masa tanamya relatif singkat sekitar 5 tahun sudah panen.. klau untuk gaharu seperti apa pak?? thx

     
    • ggisuper

      April 23, 2012 at 8:26 am

      Untuk Gaharu Budidaya memerlukan waktu 7 – 8 tahun sudah bisa panen.

       
  46. Arwadi

    March 29, 2012 at 2:33 pm

    Hallo GGi,

    kelompok Kami pernah tanam gaharu, dan sekarang kami sudah panen,sdh lebih dari 3 th ini kami tidak mendapatkan pasarnya,semua kualitas gaharu kami ada,kira-kira kami bisa dibantu?
    Trimakasih,
    Arwadi-NTT

     
  47. ASEMSUDDIN

    March 25, 2012 at 10:30 am

    Kami juga pernah tanam pada tahun 2011 , yang menjadi masalah bagi kami adalah pohon gaharunya tidak mau tumbuh normal alias sangat kerdil dan sudah di pupuk,di kelompok kami bibit yang tertanam 120 pohon . sampai sekarang kami tidak apa penyebabnya sehingga tidak mau tumbuh secara normal,tolong informasinya bang. NAMA KELOMPOK KAMI : KTP.BUKIT SAMPAGA Desa Malleleng kec. Kajang Kab.Bulukumba SUL-SEL.

     
    • ggisuper

      March 25, 2012 at 6:22 pm

      Salam GGI Super, Terima kasih pak Asemsussin, Mungkin bapak bisa mengirimkan fhoto 2 Gaharu yang bapak tanam, Coba bapak cek dulu asal bibit yang bapak tanam dari pohon indukan dimana dan dari jenis gaharu apa ? Di KT-GGI setiap perwakilan disarankan untuk menanam jenis A. Malaccensis. yang umumnya dapat tumbuh dengan normal diberbagai Kondisi tanah.

       
  48. stmikabq

    February 22, 2012 at 11:53 pm

    ada buka kerjasama nggak dengan kelompok tani? misalnya dengan bagi hasil?

     
    • ggisuper

      February 23, 2012 at 8:39 am

      Salam GGI Super, Kita ini adalah Kelompok Tani “Gubal Gaharu Indonesia”
      Dengan bergabung dengan KT-GGI, semua hasil panen untuk anggota tani, jadi maksudnya mau bagi
      hasil dengan siapa. Dan bentuk bagi hasil yang bagaimana.

       
      • stmikabq

        February 23, 2012 at 1:06 pm

        maksudnya begina kang mas…. ada kerja sama dari perusahaan penerima produk. misal… masyarakat menyediakan lahan, lalu bibit beserta pemeliharaan perusahaan yg menanganinya . kemudian hari ketika panen petani menerima harga sisa dari apa yg telah dilakukan perusahaan pada garu selama masa pembesaran

         
        • ggisuper

          February 23, 2012 at 7:08 pm

          Terima kasih. Pola yang mas sebutkan , tidak ada di kelompok tani GGI. Cukup sudah para petani memahami bahwa pada system yang mas sebutkan diatas terjadi banyak sekali kerugian yang diperoleh petani :
          1) Diwajibkan penjualan hasil panen hanya pada investor
          2) Ditekannya harga panen (pembagian hasil biasanya 60 (investor) : 40 (Petani) ditambah cekikan harga.
          3) Coba mas pelajari yang dilakukan investor selama ini (Kaji dari berbagai sector)…….
          4) Hilangnya kemerdekaan para petani. (Praktek peninggalan belanda, dan neo kapitalisme ini …sebaiknya ditinggalkan) karena akan sangat merugikan para petani , ibaratnyanya dibantu 10 kehilangan 100 . (Akan kah para petani indonesia dibiarkan mendapat perlakuan seperti ini terus menerus dari jaman belanda sampai sekarang masih ada orang-orang yang berpendidikan menyukai pola ini).

          MELALUI KELOMPOK TANI “GUBAL GAHARU INDONESIA” :
          1. Petani Belajar Mandiri, Tidak tergantung pada siapa pun (Menanam semampunya , Mulai dari 10 batang (Lahan 100 m2)
          2. Penjualan Hasil panen Bebas , Boleh Dijual Ke Pusat KT-GGI, atau ke pihak lain.
          3. Pembinaan petani dilakukan secara terstruktur, mulai dari PUSAT, Tingkat Daerah Kab., Kecamatan, sampai tingkat Desa.
          4. KT-GGI, mempunyai program jangka pendek dan jangka panjang, yang tidak hanya fokus pada bidang pertanian saja.
          5. Dan banyak lagi Program dan kelbihan dengan adanya kelompok tani. (Bisa mas ketahui bila mas sebagai perwakilan daerah).

          Sementara itu jawaban yang dapat admin berikan. terima kasih.

           
          • stmikabq

            February 23, 2012 at 8:31 pm

            ada satu tanya lagi kang mas….. Andai bergabung dalam KT-GGI… tu penanaman dan perawatan dan pemanenan gaharu bagi yg awam kan nggak mudeng, berarti ada diberikan pemahaman ttg hal tersebut ya pada para anggotanya serta jaminan purna jual pasca panen? terima kasih. wassalam

             
            • ggisuper

              February 23, 2012 at 9:03 pm

              Terima kasih, Ini jawaban yang bisa kami berikan :
              1) Untuk setiap anggota tani diberikan buku panduan Budidaya Pohon Gaharu berupa ebook dan dikirim via email, atau bisa diminta filenya pada perwakilan daerah setempat.
              2) Sudah dijawab pada pertanyaan sebelumnya.

              TQ.

               
  49. eka saputra

    February 19, 2012 at 1:56 pm

    untuk wilayah rokan hulu riau apakah sudah terbentuk KT-nya..?

     
    • ggisuper

      February 19, 2012 at 6:26 pm

      Belum ada bang, silakan mengajukan diri bila beerminat (18-02-2012 belum ada)

       
    • yahdi

      March 28, 2012 at 10:27 pm

      Pemesana Bibit Gaharu Untuk Wilayah Kab. Rokan Hulu – RIAU
      silakan hub. 081378877065 pw.KT-GGI , kab rohul

       
  50. ardin

    February 15, 2012 at 7:17 am

    untuk syarat tumbuh yg baik apa perlu di lokasi terentu misal harus dingin

     
    • ggisuper

      February 15, 2012 at 11:22 am

      Pohon gaharu , dapat tumbuh di ketinggian 0 s/d 850 m dpl.

       
  51. ghambertani

    February 11, 2012 at 3:11 pm

    Mas, prospek untuk 10 thn ke depan bagaimana ? Kan udah banyak yang tanam, harga jualnya turun g ??

     
    • ggisuper

      February 11, 2012 at 4:45 pm

      Kalau Bicara prospek, tentu kita semua berpikiran positif saja. masalah harga itu pasar yang menentukan. yang jelas di dunia cuma negara di daerah tropis yang bisa tanam gaharu, sementara gaharu memiliki kegunaan yang cukup banyak, baik dibidang pengobatan (Kimia) , Dibidang keagamaan, Dan Sebagai BIBIT (Induk) dari pabrik minyak wangi. Terima kasih komentarnya, salam sukses

       
  52. Markus ari novianto

    February 9, 2012 at 1:58 pm

    Sy dr lmpung tengah.sy pny lahan diriau bs mnt ptnjk sy bs msk kelompok tani?mohon info nya

     
    • ggisuper

      February 9, 2012 at 2:37 pm

      Silakan bergabung dengan kelompok tani GGI, Telp Saja Mas Glone di no. 0853-5552-8986. TQ

       
  53. Dewa made subagia

    February 5, 2012 at 3:53 am

    Bila dilihat jumlah hasilnya memang sangat menjanjikan, di Bali baru2 ini kelompok tani tepatnya di desa kedis, kec. Busungbiu Kab.buleleng berjumlah 25 anggota mendapatkan masing2 45 batang bibit Gaharu gratis, di Sulawesi saya mempunyai 7500m2 lahan coklat yang sudah tdk produktif karna sudah tua dan penyakit, teman terdapat kurang lebih 400htr lahan coklat yang sudah tidak produktif sebagian ada yang sudah ditanami sawit, bisa ngak dibantu dikasih bibit gaharu gratis dengan perjanjian bagi hasil?, trims.

     
    • ggisuper

      February 5, 2012 at 7:49 am

      Salam GGI, Terima kasih atas komentarnya Pak DEWA, Untuk bibit yang melalui KT-GGI, kami tidak bisa memberikan secara gratis, karena kita adalah kelompok tani MAndiri. Mengenai System Bagi HAsil. Kelompok Tani GGI tidak menggunakan system bagi hasil. Yang ada hanyalah bahwa hasil yang diperoleh adalah untuk spenuhnya menjadi milik anggota tani, jadi di kelompok tani GGI tidak ada yang namanya tekanan harga jual, maupun memonopoli hasil gaharu para anggota tani, system saling menghargai dan bebas untuk melakukan penjualan ke pihak mana pun. Terima kasih pak Dewa Made Subagia.

       
      • Acep

        March 14, 2012 at 7:05 pm

        Pak maaf saya cm mau tanya. saya memang belum ada modal cm melihat peluang bisnisnya lumayan. bbrp bulan lalu Ayah saya beli tanah bbrapa meter diBanten. Saya lupa ditanam pohon apa, memang jangka waktu panen sekitar 5thn keatas. Saya lihat kayaknya peluang pohon Gaharu ini bagus juga. Saya mau nabung dulu untuk ngumpulin modalnya… Nah saya mau tanya bbrpa hal klo boleh.

        1. Apakah tanah daerah banten bs dijadikan lahan untuk penanaman Gaharu?
        2. Biasanya modal minimal brp? diatas kan 20 batang ya? nah sedangkan minimal Order 350btng…
        3. Oh ya apakah menjadi keanggotaan ada biayanya? seperti pendaftaran, dll? dan klo saya di Jakarta-banten keanggotaannya kemana dan Order ke Perwakilan mana ya?
        4. bisa ga saya mendapatkan e-book panduan secara gratis? dan klopun bayar harganya brp? saya mau baca2 dan pelajari dulu, krn saya memang Orang kota yg buta masalah Tani/Perkebunan, menanam pun ga pernah hehehe

        Saya rasa itu aja deh, udah kebanyakan nanyanya. Makasih banyak ya Pak/Mas:)

         
        • ggisuper

          March 14, 2012 at 8:53 pm

          Terima kasih kang Acep, ini jawabannya :
          1) Bisa
          2) 20 batang untuk yang dalam polibag (@ Rp. 45.000,- + ongkir), sedangkan yang 350 batang itu bibit gulung @ Rp. 3.000,-
          3) Anggota tani Rp. 60.000/tahun. Keanggotaan bisa langsung ke Pusat KT-GGI. Order saja langsung Ke Pusat KT-GGI
          4) Panduan ebook gratis diberikan bila telah jadi anggota tani.
          Untuk baca2, bisa dibaca semua halaman dan postingan yang ada di web, dan bergabung di facebook group gubal gaharu indonesia

          terima kasih
          Salam Sukses, Glone Muhammad
          Bertindak Menanam Untuk masa depan

           
  54. Sigitwn

    February 1, 2012 at 2:50 pm

    Ijin share..gan..

     
  55. Restsindo - hty

    January 25, 2012 at 4:12 am

    Terima kasih bro …. telah memposting analisa usaha gaharu. Ada rekan yang mencarinya ……

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 6,184 other followers

%d bloggers like this: