RSS

Pengembangan Pohon Gaharu Unggul

14 Dec

GM TANJAB-1

Salam GGISuper,

 Gaharu Tumbuh Liar Di Hutan Belantara

Lenyap, Hilang Bertahap . Di Curi Dan Di Rampok

Tunggul Mengering , Dan Bumi Mengeras

Berharap Resin Yang Bermutu, Perlu Waktu Bertahun-tahun

Inovasi Perlu Dilakukan, Pengembangan Dibuat Untuk Dapatkan

Resin Bermutu Dan Berdaya Jual Tinggi

(Glone Muhammad “Des-2014”)

 Berharap mendapatkan resin/gubal dengan kelas mutu tinggi ( Grade A ke atas hingga Double Super KING) dari hasil pencarian gaharu alam dari hutan belantara yang berasal dari berbagai lokasi hutan di tanah air, saat ini merupakan sesuatu yang langka. SEMENTARA PARA BUYER DARI BERBAGAI NEGARA ; ARAB, CHINA, TAIWAN, MALAYSIA, SINGAPORE, DAN NEGARA LAINNYA, Masih terus membutuhkannya. Malahan permintaannya semakin meningkat dari tahun ke tahun.

 Tentunya kita tidak akan tinggal diam melihat peluang yang begitu luas ini. Indonesia adalah pemasok utama bahan gaharu dunia, dari dulu hingga sekarang. Sejak 3000 tahun yang lalu resin gaharu sudah digunakan oleh masyarakat dunia dalam berbagai hal dan hingga kini permintaannya selalu lebih besar dari pada  persediaan bahan baku yang ada. Sebagai negara tropis yang merupakan tempat tumbuh dan berkembanganya pohon gaharu dengan baik, hal ini merupakan nilai plus tersendiri bagi masyarakat Indonesia. KINI…  Tinggal Masyarakat petani kita , INGINKAH membudidayakan pohon gaharu dengan cara yang benar sehingga bisa menghasilkan resin gaharu dengan kwalitas yang sesuai dengan permintaan dunia international.

INGIN MEMBUDIDAYAKAN POHON GAHARU UNGGUL ?  …..agar di dapat hasil panen dengan grade mutu yang terbaik ?

SAM_3406Perhatikan Gambar Diatas ini …  !

  1.  Batang pohon yang berada pada posisi sebelah kiri dari gambar adalah contoh batang pohon gaharu unggul “GM Super” yang berusia 9 bulan, sejak dilakukannya perlakuan khusus pada pohon gaharu yang ditanam dilahan. Bila kita amati hole (Lubang) pada batang pohon tersebut sudah terbentuk lapisan resin pada posisi di dalam batang, dan hal ini sudah dicoba diambil dan dibakar (sudah mengeluarkan aroma resin gaharu setingkat kemedangan).
  2. Resin gaharu yang berada di sebelah kanan dari gambar, adalah resin/gubal yang dihasilkan dari sebatang pohon gaharu alam yang berumur kurang lebih 100 tahun, dengan diameter batang 100 cm dengan ketinggian batang pohon 45 m lebih.  Dari batang yang sebesar ini hanya didapat satu potongan resin dengan panjang 60 cm dan bobot kering 150 gram saja. selebihnya di dapatkan resin gaharu dengan mutu yang berada di bawah potongan kayu diatas ; kemedangan , kacangan dan serpihan lainnya, bila diuangkan +/- hanya Rp. 18 juta Rupiah saja. (posisi harga jual di tahun 2010).
  3. Belajar dari berbagai pengalaman di lapangan maupun di pembudidayaan pohon gaharu secara konvesional, dengan cara pembesaran batang pohon terlebih dahulu hingga berusia 6 tahun, dengan diameter batang sekitar 15 cm dan tinggi sekitar 6-7 meter. Kemudian dilakukan inokulasi dengan cara melakukan penyuntikan/pengisian serum penyakit dengan cara di bor pada batang pohon, Hasil resin yang diperoleh selama masa kurang lebih 2 tahun , lalu dilakukan pemanenan. HASILNYA TIDAK MAXIMAL, MUTU RESIN HANYA SEKELAS KEMEDANGAN SAJA. Ada juga yang warnanya sudah hitam seperti grade AB. Namun aroma nya jauh dari Grade Mutu AB Gaharu ALAM.

 PERLU WAKTU BERKISAR 8 TAHUN, PROSES PEMBENTUKAN RESIN PADA BATANG POHON GAHARU AGAR MENDAPATKAN GRADE MUTU SETINGKAT “GRADE AB” GAHARU ALAM

(Glone Muhaamd, DES 2014)

Bagaimana Caranya   ?

 Baca Informasi berikut ini !  , Bagaimana cara membuat bibit unggul pohon gaharu dari pohon gaharu yang sudah anda tanam  di lahan , dengan usia tanam 1 – 2 tahun. Klik Tautan ini untuk informasi selanjutnya !!!!!!!!

ADRESS-KTGGI

 
Leave a comment

Posted by on December 14, 2014 in B-BUDIDAYA

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: