RSS

PENGERTIAN, “POHON GAHARU UNGGUL”

15 Jan

LOGO-GM copyTerima kasih untuk anda yang sudah sampai pada halaman postingan ini, ijinkan saya untuk menyampaikan pendapat dan pengalaman, tentang pengertian pohon gaharu unggul.

Mungkin anda sudah pernah mendengar/membaca/melihat berbagai pernyataan di facebook/iklan/promosi/seminar tentang hal berikut ini :

  1. Pohon gaharu, merupakan salah satu pohon yang termahal di dunia.
  2. Harga 1 batang pohon gaharu sampai dengan ratusan juta rupiah.
  3. Harga 1 kg. Gubal/resin gaharu mencapai Rp. 65 juta per kg.
  4. Harga bibit gaharu dengan ukuran tinggi 30 cm dalam polibag Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah).
  5. ekspor gaharu ke berbagai belahan dunia, China , Arab, Taiwan, Canada dan ke berbagai negara yang ada di dunia. (Karena sejatinya Resin gaharu, sangat banyak digunakan untuk bahan farmasi “khususnya sebagai anti biotik”).
  6. Mahalnya harga 1 batang pohon gaharu “GM Super”, per batang Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah).
  7. Biaya Inokulasi pohon gaharu yang berusia 6 tahun, berkisar antara Rp 1,5 Juta s.d Rp. 3 juta. (Cukup mahal untuk kalangan masyarakat petani di INDONESIA).

PENGERTIAN UNGGUL, itu sendiri banyak para penyedia bibit pohon gaharu yang mengatakan bahwasanya bibit yang mereka jual adalah bibit unggul ataupun mereka kata kan “bibit Super”.  Setelah saya konfirmasi kepada mereka, yang dimaksud unggul dan super nya, “Menurut mereka adalah :  dari segi ukuran batang dan segi pertumbuhan ukuran batang yang mudah tumbuh dengan cepat”  MENURUT MEREKA.

GLONEMUHAMMADPENGERTIAN UNGGUL, DARI PENULISAN & PELAKSANAAN SAYA DI KELOMPOK TANI “GUBAL GAHARU INDONESIA” ADALAH DENGAN KETERANGAN BERIKUT INI :

Sebelum kita melakukan penanaman/budidaya pohon gaharu, tentunya ada penyebab/keinginan kita , agar apa yang kita tanam ini dapat membuahkan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.

“POHON GAHARU YANG KITA TANAM MEMILIKI NILAI JUAL YANG TINGGI” !

  • Untuk mendapatkan hasil panen dengan nilai ekonomi yang tinggi, kita harus mengetahui bahwasanya ; tinggi rendahnya nilai ekonomi 1 batang pohon sangat/mutlak , TERGANTUNG KEPADA 2 HAL : yang pertama (1) BANYAK SEDIKITNYA KANDUNGAN RESIN/GUBAL YANG TERJADI PADA BATANG POHON TERSEBUT (resin/gubal bisa terjadi pada bagian BATANG/DAHAN/AKAR). yang kedua (2) TINGKAT KEMATANGAN RESIN & UKURAN RESIN/GUBAL YANG TERKANDUNG DI DALAM (batang/dahan/di dalam akar), yang mana hal ini sangat dipengaruhi oleh lamanya waktu pembentukan resin/gubal pada bagian tersebut. Semakin lama proses yang terjadi dan terus menerus, maka resin/gubal yang dihasilkan akan memiliki kwalitas yang baik & jumlah yang banyak.
  • UNTUK MENDAPATKAN RESIN/GUBAL YANG BAIK, diperlukan waktu proses yang berlangsung minimal selama 8 tahun, dan akan lebih baik lagi bila hal ini berlangsung lebih lama lagi.
  • PERLAKUAN KHUSUS HARUS DIBERIKAN, pada bagian akar, batang dan dahan, secara bertahap dan kontinue hingga pohon berusia 6 tahun.
  • Pohon gaharu unggul yang dikembangkan oleh “G. Muhammad’ di kelompok tani gubal gaharu indonesia dengan nama “GM Super” & “KING HYBRID”.
  • BIBIT POHON GAHARU UNGGUL “GM SUPER” & “KING HYBRID”     , yang sudah ditanam dilahan tidak memerlukan inokulasi/pemberian serum lagi pada usia tanam 6 tahun. BERBEDA dengan bibit gaharu biasa yang HARUS DI LAKUKAN INOKULASI PADA TAHUN KE 6.
  • Biaya Inokulasi untuk pohon gaharu biasa, yang dilakukan inokulasi pada tahun ke 6 berkisar antara Rp. 1 juta s.d Rp. 1.5 per batang pohonnya. SEMENTARA POHON GAHARU UNGGUL TIDAK MEMERLUKAN INOKULASI LAGI PADA USIA TANAM 6 TAHUN.
  • MANA YANG LEBIH MAHAL ?   GM SUPER Rp. 600.000,- / per batang. atau anda mengeluarkan BIAYA INOKULASI Rp. 1 – Rp. 1.5 juta per batang ?  pada tahun ke 6 ?   ……….. (bisa anda perhitungkan terlebih dahulu )
  • Pembentukan resin/gubal pada pohon gaharu unggul berlangsung mulai sejak pohon di tanam hingga di panen pada usia tanam tahun ke 8 (delapan). SEMENTARA pada pohon gaharu biasa proses pembentukan resin/gubal hanya 2 tahun saja. apabila inokulasi dilakukan pada tahun ke 6 dan pohon dipanen pada tahun ke 8.
  • JADI: Bisa di simpulkan kalau pohon gaharu unggul melakukan proses pembentukan resin memiliki waktu proses 4 x lipat lebih banyak dari pohon gaharu biasa, bila di panen pada tahun ke 8. Sehingga hasil akhir panen resin gaharu juga memiliki JUMLAH & MUTU yang jauh berbeda dengan pohon gaharu biasa.

SAMA-SAMA MENUNGGU 8 TAHUN, Apakah anda ingin tanam yang BIASA atau yang UNGGUL ?

GMV-010203

KINI, Saya ingin berbagi untuk anda dalam pembudidayaan pohon gaharu unggul “GM SUPER” teknologi pembuatannya bisa anda peroleh dengan pembelian paket bahan baku yang sudah disediakan.

GMV-5678

“JANGAN SIA-SIA KAN PENANTIAN PANEN ANDA, SELAMA 8 TAHUN HANYA DENGAN MENANAM BIBIT POHON GAHARU BIASA”

WEBICON-SOGOL&KAPSULGMSUPERUNTUK ANDA YANG INGIN MEMILIKI KETRAMPILAN DAN MENGEMBANGKAN BUDIDAYA GAHARU DENGAN PENANAMAN BIBIT UNGGUL TEKNOLOGI “GM SUPER”, silakan klik gambar diatas !

ADRESS-KTGGI

 
1 Comment

Posted by on January 15, 2015 in B-BUDIDAYA

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

One response to “PENGERTIAN, “POHON GAHARU UNGGUL”

  1. barto

    February 9, 2015 at 3:16 pm

    saya sangat tertarik sekali, bapak….

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: