RSS

Renungan Gaharu Di akhir tahun 2015

07 Dec

20151104_185659-1

Salam gaharu, saudara KU dimana pun berada,……….

Ijin kan saya untuk menuliskan sedikit renungan tentang gaharu di akhir tahun 2015 ini, Banyak hal terjadi di sepanjang tahun 2015 ini yang membuat segala sesuatunya berubah dengan begitu cepatnya. Ditahun ini pula puncak pergaharuan nasional, khususnya di bumi nusantara ini mengalami masa masa puncaknya dibidang pembudidayaan , penanaman, pemasangan inokulasi, berkembangnya berbagai product dan hampir semua sektor bidang gaharu mengalami masa puncaknya hingga pertengahan tahun (bulan Juli 2015).

Dan menurun kembali dengan tajam hingga akhir tahun ini, dikarenakan musibah alam, dengan terbakarnya hutan dan perkebunan milik petani di berbagai wilayah di Indonesia, terutama pulau sumatra dan kalimantan. seakan kemajuan yang telah didapat selama 3 tahun terakhir di bidang pembudidayaan pohon gaharu surut sejenak,

  • Panas yang berkepanjangan membuat tanah jadi kering dan sulit air, ratusan ribu pohon gaharu yang masih berusia antara 1 tahun hingga 2 tahun,….. mati kekeringan. ditambah lagi dengan kabut asap hasil pembakaran hutan yang merusak pertumbuhan pohon-pohon gaharu yang baru mulai berkembang.
  • GAGAL Panennya para petani di berbagai daerah , yang telah melakukan inject atau inokulasi . Dimana ratusan ribu pohon-pohon yang sudah di inokulasi dengan obat-obat dari lembaga ataupun penjual serum yang tidak bertanggung jawab akan pemasaran hasil panen para petani gaharu……. menambah lesu dan hilangnya gairah para petani yang ingin melakukan pembudidayaan kembali. DIMANA SLOGAN KAYU GAHARU , SEBAGAI KAYU TERMAHAL DI DUNIA TIDAK TERBUKTI dari hasil panen gaharu budidaya yang di suntik/inject/infus/ dll . banyak teknik yang ditawarkan, ternyata mereka hanyalah penjual obat saja. tidak jauh berbeda dengan kelakukan pedagang pinggir jalan yang menjual obat ampuh, namun tiada reaksinya. sekalipun penjual obat jalanan bergelar bangsawan pendidikan kelas tinggi.
  • Kini semuanya tentang pembudidayaan pohon gaharu haruslah di tata ulang , agar tidak timbul berbagai kekecewaan bagi para pelaku pembudidayaan pohon gaharu.

sebentar saya seruput teh gaharu dulu,…….. sebelum melanjutkan renungan ini !

TEHiconweb-2Didalam melakukan pembudidayaan pohon gaharu , untuk tahun berikutnya ada beberapa hal yang harus di ketahui dan dipahami oleh pelaku pembudidayaan pohon gaharu, untuk meminilisir tingkat kegagalan yang terjadi .

5 PILAR PENTING YANG PERLU DI KETAHUI OLEH PETANI GAHARU

  1. Memahami Nilai Ekonomi Sebatang Pohon Gaharu, klik disini untuk informasi lanjut tentang nilai ekonomi pohon gaharu.
  2. Memahami pembudidayakan pohon gaharu yang bisa menghasilkan resin yang berkwalitas tinggi, klik disini untuk mendapatkan informasi selanjutnya…..!
  3. Memahami proses dan tujuan inokulasi pada batang pohon gaharu, yang berkaitan dengan nilai jual hasil panen dan grade mutu yang dihasilkan, klik disini untuk informasi selengkapnya ……..!
  4. Memahami pangsa pasar yang ada terhadap hasil panen yang di peroleh, klik disini untuk informasi selengkapnya……. !
  5. Menjadi petani gaharu mandiri yang sukses. bagaimana yang dimaksud mandiri disini  ?   klik untuk informasi selengkapnya…..!

Insya Allah dengan bermodalkan ke lima hal tersebut diatas, kita akan bisa menuju petani gaharu yang mandiri dan berhasil dalam melakukan budidaya pohon gaharu, sesuai dengan kapasitas dan kekuatan masing-masing.

Salaam hormat saya, bila ada kata yang tidak pada tempatnya mohon maaf beribu maaf.

Pohon Gaharu pohon termahal
Di tanam hingga delapan tahun
Pembudidaya tahu nilai jual
Resin ter Simpan dan berkembang

Hingga Hasil Peluh Ter Imbang.


GLONE MUHAMMAD
Desember 2015

SABUNiconWEB-2

 

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: