RSS

LetAK Nilai Ekonomi Sebatang Pohon Gaharu.

12 Dec

BAGAIMANA SISI NILAI EKONOMI SEBATANG POHON GAHARU ?

Salam Gaharu, Saudara Pembudidaya Pohon Gaharu.

Dimana pun anda berada…..

LOGO-2Ijin saya menyampaikan tukilan sederhana ini, berdasarkan pendapat dan pemahaman pribadi , di dalam melakukan pembudidayaan pohon gaharu. Baik yang pembudidayaan oleh petani kecil hingga perkebunan gaharu yang luas sekalipun.

Awal mula melakukan pembudidayaan pohon gaharu tentunya di dasarkan oleh terbayangnya akan manfaat sebatang pohon gaharu yang memiliki berbagai kegunaan, baik sebagai obat-obatan, kosmetika, aroma wewangian, dan yang terpenting ujung dari semua itu pohon gaharu memiliki sebuah nilai ekonomi yang tinggi, bila dibandingkan dengan pohon kayu hasil hutan lainnya, seperti kayu jati, jabon, albasia, atau pohon buah-buahan.

IMG_20150206_084742Berdasarkan kepada pengalaman pribadi saya sendiri, memang pohon gaharu sangat memiliki nilai manfaat yang sangat tinggi. Mulai dari daun, kulit , batang dan akar pohon gaharu. Bisa dimanfaatkan untuk bahan-bahan pengobatan banyak penyakit.

Bila dari segi manfaat saja pohon gaharu sudah memiliki begitu banyak manfaatnya, otomatis pohon gaharu juga memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Melalui tulisan sederhana ini, saya akan menyampaikan nilai ekonomi sebatang pohon gaharu bila dipandang dari sisi Resin gaharu yang terdapat pada pohon ini.

PANDANGAN NILAI EKONOMI POHON GAHARU DARI SISI RESIN YANG DIHASILKAN (menurut Glone Muhammad) :

Nilai ekonomi sebatang pohon gaharu sangat ditentukan oleh seberapa banyak dan seberapa tinggi kwalitas grade resin hasil panen yang didapat. Sehingga sangat perlu dipahami oleh pelaku pembudidaya pohon gaharu, jangan sekali-kali berpikir anda akan mendapatkan hasil yang banyak (uang yang banyak dari hasil penjualan panen gaharu). Bila pohon gaharu yang ditanam Cuma terdiri dari kayu putih saja. Sebagai catatan saya saat ini di akhir tahun 2015 banyak sekali petani gaharu di berbagai daerah yang menghadapi sebuah dilema.

Dilema yang saya maksud disini adalah

Di satu sisi petani sudah melakukan penanaman pohon gaharu dengan jumlah yang besar 1000 batang lebih…. karena memiliki tanah yang luas. Namun ironisnya setelah pohon yang ditanam berusia 6 tahun lebih , dimana sudah saatnya untuk dilakukan inokulasi . dia tidak memiliki dana yang cukup untuk melakukankan inokulasi, maupun untuk upah pengerjaan inokulasi.

Di awal penanaman pohon gaharu petani hanya berpikir bahwa pohon gaharu , walaupun hanya pohon gaharu putih saja , sudah laku untuk dijual.   ….. ini merupakan salah satu pemahaman yang sangat keliru.

Jadi perlu sangat dipahami, bahwasanya nilai ekonomi sebatang pohon gaharu akan menjadi sangat tinggi apabila, pohon gaharu yang ditanam tersebut betul-betul memiliki kadar resin yang baik dan tinggi. Sehingga akan menghasilkan panen dengan kwalitas chip resin dengan baik. Yang mana secara otomatis akan mendongkrak harga jual hasil panen.

Berikut saya tampilkan gambar analisa hasil panen, untuk penanaman bibit gaharu biasa yang di inokulasi pada tahun ke 6 dan dipanen pada tahun ke 8 atau 9.

analisa-bibitbiasa

JADI PERLU DIPAHAMI SEKALI LAGI, BAHWA NILAI EKONOMI SEBATANG POHON GAHARU SANGAT TERGANTUNG KEPADA 2 HAL :

  1. Banyak sedikitnya kandungan resin yang ada pada batang poho gaharu.
  2. Tinggi rendahnya grade mutu chip resin hasil panen.

Dan untuk meningkatkan nilai ekonomi hasil panen pohon gaharu, saat ini anda bisa membuat sendiri pohon gaharu unggul, bagaimana caranya ? ……. silakan klik tautan ini……INGIN MEMBUAT SENDIRI POHON GAHARU UNGGUL !

Dengan menjadikan pohon yang anda tanam menjadi pohon gaharu unggul hasil panen yang anda peroleh bisa mejadi berlipat ganda dan tidak perlu melakukan inokulasi lagi pada saat usia tanam 6 tahun, karena proses tersebut sudah anda lakukan saat pohon gaharu anda berusia 1-2 tahun.

Selamat bercocok tanam pohon gaharu, semoga sukses hingga panen dan menjadi petani gaharu yang mandiri.

Salam,

GM Super.

KTGGI-WARMING

 

 
Leave a comment

Posted by on December 12, 2015 in Gubal Gaharu Indonesia

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: